Langkah Awal
Langkah Awal
Baru pertama kali mendengar panel surya? Ingin tahu lebih banyak? Klik Artikel Berikut...
Selengkapnya ...
Sel Warna-Warni
Sel Warna-Warni
Para Ahli Tenaga Surya di Jepang telah menciptakan sel surya yang berwarna warni dan dapat diterapkan pada segala benda.
Selengkapnya ...
Solar Impulse
Terbang dengan Panel Surya
Solar Impulse, pesawat yang mampu terbang selama 26 jam non stop menggunakan energi matahari.
Selengkapnya ...
Tembaga jadi Panel Surya
Tembaga jadi Panel Surya
Eksperimen yang sederhana dengan menggunakan lempeng tembaga anda bisa memperoleh panel surya.
Selengkapnya ...
Miliarder Muda dari Panel Surya
Miliarder Muda dari Panel Surya
Xiaofeng Peng, pendiri LDK Solar yang merupakan Perusahaan Panel Surya terbesar di Dunia
Selengkapnya ...

Binatu Tenaga Surya

AddThis Social Bookmark Button

Binatu Tenaga SuryaIllinois:Pengusaha binatu di Kota Berwyn, Illinois Amerika Serikat, belum lama berselang, berhasil menemukan cara jitu menjalankan bisnisnya. Tom Benson tidak menggunakan bahan bakar minyak untuk mengoperasikan mesin-mesin pencuci pakaiannya. Pemilik swalayan binatu Loundromat ini memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber pembangkit listrik.

Sebanyak 36 panel penyerap tenaga surya terpasang di atap gedung Loundromat. Energi panas yang diserap panel-panel tersebut digunakan untuk memanaskan air yang digunakan puluhan mesin cuci miliknya. Dalam cuaca sangat panas, energi yang dihasilkan dapat memanaskan air hingga mencapai 160 derajat Celcius.

Upaya itu tidak hanya ramah lingkungan, tapi juga dapat membuat sang pengusaha meraup dolar lebih banyak daripada sebelum dirinya menggunakan tenaga surya. Benson kini tidak lagi dipusingkan dengan tagihan listrik. Selain itu, kesadaran warga yang makin meningkat akan pentingnya pelestarian lingkungan membuat pelanggannya terus bertambah dari hari ke hari.

Tempat usaha Benson selalu dibanjiri warga. Pasalnya di sana tak hanya sekadar tempat mencuci pakaian. Sambil menunggu cucian bersih, konsumen dapat menjalani sejumlah aktivitas. Misalnya menyantap hidangan di kafe dan bermain video game. Para pelanggan dapat pula menonton tayangan dari 16 pesawat televisi yang tersebar di area binatu yang cukup luas itu.(JUM/Idr)

Sumber:liputan6.com

You are here: Home Inovasi Binatu Tenaga Surya